Selasa, 29 November 2011

ONE DAY (2011) : Twenty Years, Two People, One Day.


Director:

Lone Scherfig

Writers:

David Nicholls (screenplay), David Nicholls (book)

Stars:

Anne Hathaway, Jim Sturgess and Patricia Clarkson
Release date:
19 August 2011 (USA)

One Day will open in the third quarter of 2011, and will star Academy Award nominee Anne Hathaway. Production on the movie will commence in July, under the direction of Lone Scherfig, who most recently helmed the Best Picture Academy Award nominee An Education. David Nicholls has completed adapting the screenplay, based on his acclaimed novel of the same name. Emma (Ms. Hathaway) and Dexter meet on the night of their graduation – July 15th, 1988. She is a working-class girl of principle and ambition who dreams of making the world a better place. He is a wealthy charmer who dreams that the world will be his playground. But where will they be on this day next year, and the year after that? Over 20 years, we check in on Emma and Dexter every July 15th, and watch as their friendship ebbs and flows with the passing of the years. Through love and loss, heartbreak and success, hopes fulfilled and dreams shattered, these two souls experience the sometimes wonderful, sometimes tragic, often hysterical but always moving, grandeur of life. Somewhere along their journey, they realize that sometimes what you are looking for has been right there in front of you all along. 
Film yang dvd bajakanya saya tunggu-tunggu keluar, akhirnya saya tonton habis juga.. 2 kali dalam 2 hari!! wooww!! sekian lama penantian saya akan film barat yang keromantisannya sama dengan film-film korea atau thailand tanpa harus lebay terjawab sudah. One day menceritakan tentang 2 orang sahabat yang cukup bodoh untuk tidak saling jujur terhadap perasaannya masing-masing. Dimulai dari pertemuan mereka setelah lulus kuliah, keplayboyan Dex luntur didepan perempuan aneh bernama emma. Perempuan seperti ini tidak seharusnya dipermainkan hanya dengan one night stand (mungkin, pikirnya), so they just shared a bed together and just be friends. hahahhaha.. love this scene.. :) 15 July 1988, menjadi saksi terhubungnya "tali merah" diantara mereka berdua.
Yang paling unik dari film ini adalah setiap scene yang ada difilm ini bersetting pada tanggal 15 July 1988 sampai dengan setiap tahunnya selama 20 tahun pertemuan mereka, yang diwarnai pertengkaran, kasih sayang, dan konflik. Ditambah keindahan kota-kota eropa seperti paris, london dan edinburg mendapati betapa romantisnya film ini.
Klimaks terdapat ditengah-tengah film, persahabatan mereka diuji karena kehidupan hedonis Dex yang semakin menjadi-jadi, so she fed up! and commit to leave him alone! well, he's kinda spoiled by his fabulous fame.yahh.. tahulah klo orang uda sukses jadinya gimana, narkoba, main perempuan, dll. Unfortunately, he's not the old Dexter that she knew.
Sebenarnya saya familiar dengan jalan cerita persahabatan yang seperti ini, kalau di Indonesia saya pernah membaca buku berjudul "perahu kertas" karya Dee. Bedanya dibuku tersebut mereka dipisahkan oleh takdir, yang mengharuskan mereka berkelana dulu sebelum bersama. Sedangkan film ini takdir yang sebenarnya sudah didepan mereka, tapi mereka menyia-nyiakan takdir tersebut. So shame.. :(



Well, Jim Sturgess and Anne Hathaway's acting were so GREAT!! I felt those chemistry!!! (Damn! made me envy!) hahahahhahaha.. :p Terutama untuk Jim Sturgess, acting jadi orang yang frustasi tanpa harus dipaksakan atau seakan-akan mengatakan "gw lagi stress berat". I LOVE HIM! Saya merasakan perbedaan suasana dari Dexter tahun 1988, 1996, 2004, dan 2011. Saya rasa karakter Dexterlah yang mengalami perubahan sifat yang paling signifikan, disamping karakter Emma yang stabil.

Ending film yang memang tidak diduga bagi yang belum membaca bukunya (lupa bilang jika film ini based on novel karya David Nicholls yang juga menulis skenario filmnya) pasti dibuat mencak-mencak! Karena memang untuk saya itu tidak adillll!!!! (T_T) Yahh mungkin memang itu ujian untuk Dex karena menyia-nyiakan perasaannya pada Emma, and then just ended up like that! So sorry for that..
Untuk keseluruhan film saya kasih nilai 8/10 karena ini adalah the most hollywood romantic drama after 50 first date! Seperti yang saya katakan diatas, film ini cukup wajar keromantisannya untuk ukuran film Hollywood! thats why i like it. Jadi untuk yang mengharapkan akan seperti Romeo and Juliet atau Titanic, haha.. you dream for that! :p

So, Here's the trailer..


Words by Shabumzki
Credit by www.imdb.com, www.movieweb.com and www.youtube.com

6 komentar:

  1. Wahh!! penasaran deyy.. apakah endingnya semiris Becoming Jane (yg juga diperankan Anne Hathaway??)

    Hiks, I should prepare for that :D

    Thanks for your recommendation!

    Btw, cowoknya charming euy

    BalasHapus
  2. hahhahaha.. makanya! beli dvdnya! uda bgs kokkk..
    hahahhaha.. sorry, if you're not a spoiler i wont tell.. hehehe..

    BalasHapus
  3. di indosiar di tayangin gak ya ? hahaha
    mampir ke www.rizkyboncell.com yes :D

    BalasHapus
  4. Sashaa..film2nya Anne Hathaway bagus2 yaa..selera genre film dan karakter yang dia pilih brilian dan beragam banget d^^b
    Btw, iyaa cara Emma "pisah" dengan Dexter tragis abis huhuhu gw ampe yang tercengang gitu dek pas liat kejadiannya.
    Sure this is another romantic drama with a very deep message about how we really need to appriciate the one we love most while it does last..

    BalasHapus
  5. betoooll kakk!! sekali lagi gw mewek! gw akuin itu.. tp emang mereka sndiri yg buat cerita itu berliku.. worth it bgt nih film!! :D

    BalasHapus
  6. Finally I watched this movie after read your article! Gw ragu klo bli dvd ga bakalan ditonton, lebih ngena di bioskop.. ternyata beneran ngena sampe nangis tersedu-sedu di bioskop, huaaa T-T

    Klo ditonton sampe akhir, gw sampe pada kesimpulan bahwa kisah film ini adalah milik Dexter. Gw stuju sm pendapat lo, Dexter mengalami perubahan karakter paling signifikan selama 20 tahun jika dibandingkan dengan Emma. Setelah hampir 1 dekade, setelah mengalami pasang surut dalam hidup yang terus berputar akhirnya Dexter menyadari bahwa dia tidak bisa hidup tanpa Emma, walaupun sedari awal Dexter mengakui kalau dia memang sudah tertarik dengan Emma.

    Kesimpulan yang didapat selama 1 dekade mereka lewati adalah, kembali flash back 20 tahun lalu ketika Emma berkata "Tidak masalah besok akan seperti apa, yang penting apa yang bisa kita nikmati hari ini". Bukan "kuantitas" kebersamaan yang dipentingkan, tapi "kualitas" kebersamaan dengan orang yang dicintai.. yang justru akan membuat orang menjadi sangat bahagia dan memaknai sebuah kehidupan.

    Dexter akhirnya menyadari itu setelah mengalami kebersamaannya dengan Emma, dia akhirnya bisa merasakan apa yang namanya "kebahagiaan yang sebenarnya".

    http://writesimplelife.wordpress.com

    BalasHapus